PENERIMAAN MAHASISWA BARU


IAIN Sunan Ampel Surabaya akan menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2013/2014 untuk lima fakultas yang dimilikinya, melalui lima jalur penerimaan. "Pada tahun ini, kami akan menerima mahasiswa baru melalui lima jalur pendaftaran," kata Kepala Sub Bagian Registrasi IAIN Sunan Ampel Nanang Kholidin.
Berdasarkan cara penyeleksiannya, kelima jalur tersebut digolongkan dalam dua kelompok besar yaitu, jalur penyeleksian nasional dan jalur penyeleksian mandiri. “Jalur penerimaan tahun ini ada dua jalur utama yaitu nasional dan jalur mandiri,” tambahnya.
Nanang menyebutkan pada jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) diterima 655 mahasiswa, PMDK (Penelusuran Minat Dan Kemampuan) 255 mahasiswa, SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Mandiri) 516 mahasiswa, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 554 mahasiswa, SPMBPTAIN (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri) 635. Jadi, total keseluruhan kuota dari kelima jalur tersebut adalah 2615 mahasiswa.  “Total mahasiswa baru tahun ini ditargetkan sebanyak 2615 mahasiswa,” terangnya.
Ketika kuota jalur nasional tidak terpenuhi, institut menentukan kebijakan bahwa kuota tersebut akan dialihkan ke jalur mandiri. Tidak hanya jurusan yang menjadi pilihan pertama saja yang diterima, tetapi jurusan yang menjadi pilihan kedua pun bisa jadi menerima untuk memenuhi target kuota tersebut. Sehingga kuota total dapat tercapai sesuai rencana awal. “Jika kuota untuk jalur nasional masih belum terpenuhi, maka akan dialihkan pada kuota jalur mandiri,” tandasnya.
Berdasarkan selebaran tentang informasi kuota seleksi penerimaan mahasiswa baru, tahun ajaran 2013/2014 rincian untuk masing-masing Fakultas adalah sebagai berikut: Fakultas Adab menetapkan kuota sebanyak 480 mahasiswa, Fakultas Dakwah sebanyak 560 mahasiswa, Fakultas Syariah sebanyak 455 mahasiswa, Fakultas Tarbiyah 600 mahasiswa, Fakultas Ushuluddin 520 mahasiswa.
Ketika kami konfirmasi kepada Dekan Fakultas Dakwah, beliau menjelaskan bahwa kuota penerimaan mahasiswa baru ditentukan oleh masing-masing fakultas. Hal itu sudah menjadi keputusan di masing-masing fakultas. Prosesnya kurang lebih ialah pihak fakultas memutuskan berdasarkan pertimbangan banyaknya calon mahasiswa yang berminat pada jurusan atau prodi tersebut pada tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan pihak institut hanya mengesahkan kebijakan masing-masing fakultas tersebut. “Penentuan kuota diputuskan oleh masing-masing fakultas, berdasarkan usulan masing-masing prodi atau jurusan, lalu disetujui oleh pihak institut,” jelas Aswadi, selaku Dekan Fakultas Dakwah .
Dekan yang sudah hampir lengser ini juga menjelaskan bahwa awalnya setiap prodi atau jurusan mengusulkan kuota mahasiswa baru kepada pihak fakultas, kuota masing-masing jurusan atau prodi tersebut, disesuaikan dengan kapasitas total ruang kelas yang ada dan kemampuan tenaga pengajar. “Setiap jurusan atau prodi  mengusulkan kepada pihak fakultas berdasarkan kapasitas ruang kelas, dan jumlah tenaga pengajar,” tambahnya.
Pihak Fakultas Dakwah sendiri berharap dengan diputuskannya kuota tersebut dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada mahasiswa, baik dari segi fasilitas akademik maupun tenaga pengajar. “Dalam penentuan kuota, pihak kami tidak hanya melihat minat pasar terhadap jurusan atau prodi tersebut, tetapi juga melihat pelayanan yang dapat kami berikan kepada mahasiswa,” ujar Aswadi. 
Pihak fakultas khususnya Fakultas Dakwah berharap dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Sehingga output yang dihasilkan oleh IAIN menjadi lulusan terbaik. Apalagi IAIN adalah institut berbasis agama Islam, diharapkan tidak hanya mencetak mahasiswa yang baik dalam segi intelektual saja, tapi harus baik juga dalam hal moralitasnya. “Kita berharap mahasiswa tidak hanya cerdas dan berprestasi dalam  bidang akademik, tetapi juga memiliki akhlakul karimah,” pungkasnya.

Fakultas
SNMPTN
SBMPTN
SPMBPTAIN
PMDK
SPMB
Total
Adab
120
72
96
54
138
480
Dakwah
142
126
160
48
84
560
Syariah
113
100
95
49
98
455
Tarbiyah
150
154
152
52
92
600
Ushuluddin
130
102
132
52
104
520
Total
655
554
635
255
516
2615
 


 

Tabel kuota penerimaan mahasiswa baru IAIN Sunan Ampel Surabaya tahun 2013
 

0 komentar:

Posting Komentar